021 57950676
info@smkdu.sch.id
Karet Kuningan - Setiabudi, Jakarta Selatan

Berita Terbaru / Hikmah Pandemi dalam Dunia Pendidikan

Hikmah Pandemi dalam Dunia Pendidikan

2021-05-05

Hikmah Pandemi dalam Dunia Pendidikan
 

Oleh : Anis Qurly, S.Pd

Proses pembelajaran di tahun pembelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Pada tahun pembelajaran ini pula seluruh kegiatan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring jelas menyimpan sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, peserta didik semakin melek teknologi dengan mengenal berbagai aplikasi dan website yang bisa dipakai untuk belajar mandiri. Bagi para guru, pembelajaran daring menjadi tantangan tersendiri untuk merancang tugas dan materi yang menarik sehingga siswa semangat belajar. Di sisi lain, tantangan yang  dihadapi peserta didik adalah menyediakan perangkat belajar seperti ponsel, laptop, serta terbatasnya kuota data untuk mengakses internet.

Di SMK Daarul Uluum, banyak peserta didik mengeluh dengan sistem pembelajaran daring karena kuota terbatas dan ketidakpahaman mereka dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan ruang belajar. Oleh karena itu pihak sekolah memalui para guru atau wali kelas terus berusaha memberikan informasi kepada peserta didik mengenai perangkat, aplikasi atau website yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh.

Dalam hal terbatasnya kuota data internet, pemerintah melalui  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kuota data internet gratis bagi guru dan peserta didik untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Disinilah guru berperan penting  untuk mengarahkan peserta didik menggunakan aplikasi atau situs-situs yang dapat diakses menggunakan kuota Kemendikbud dan memaksimalkan penggunaannya.

Kegiatan pembelajaran di SMK Daarul Uluum dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi, seperti  whatssapp, zoom meeting, youtube, google classroom, dan microsoft teams yang bisa diakses secara gratis dengan menggunakan kuota data dari Kemendikbud. Oleh karena itu, pendidik dan peserta didik harus memahami cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut untuk bisa menjalankan dan memaksimalkan proses pembelajaran.

Dalam bulan Ramadan ini, sekolah juga   membuat jurnal daring yang harus diisi peserta didik. Jurnal berisi identitas siswa dan kegiatan yang mereka lakukan selama bulan Ramadhan. Disisipkan juga sebuah kolom untuk siswa isi dengan foto kegiatan. Dengan demikian, setiap peserta didik bisa mengakses tautan jurnal dan mengisinya setiap hari. Sementara guru harus mengawasi siapa saja yang sudah mengisi jurnal dan mengingatkan peserta didik yang belum mengisinya.

Apa artinya dari segala kegiatan daring ini? Secara tidak sadar, kita ditantang oleh satu keadaan untuk semakin kreatif. Kita yang dulu awam dengan teknologi, ‘dipaksa’ untuk terlibat di dalamnya. Sehingga bermunculan guru kreatif untuk membuat kegiatan yang bisa dikontrol dari jarak jauh. Keterampilan seperti inilah yang dibutuhkan di kehidupan sekarang. Siswa dan guru tumbuh menjadi pribadi yang tidak gagap teknologi dan terbiasa belajar mandiri meski tidak bertatap muka secara langsung.

Akhirnya, kehadiran pandemi Covid-19 saat ini hendaknya disikapi secara bijak. Karena banyak hikmah di dalamnya. Sebagai manusia, kita sering abai terhadap banyak hal. Termasuk menggali potensi diri sendiri.

***

Berita Terbaru Lainnya

Baca berita - berita terbaru dari SMK Daarul Uluum
...
Tanggal Pengumuman Kelulusan SD, SMP, SMA dan SMK
2021-04-30

Sekretaris jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebuday

Lihat Selengkapnya
...
SMK Harus Siap Hadapi "Gelombang Perubahan"
2021-05-20

Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali menegaskan institusi pendidikan nasional harus bersiap menghadapi hadirnya gelombang perubahan.

&nbs

Lihat Selengkapnya